jadilah diri sendiri untuk menjadi yang terbaik

Selasa, 25 Februari 2014

ORACLE DAN NETBEANS


Oracle

Oracle adalah software database server yang diproduksi oleh perusahaan software Oracle Corporation. Oracle Corporation memposisikan diri sebagai produsen software database sejak tahun 1977. Oracle merupakan software database yang menggunakan bahasa SQL , di dalam dunia database istilah query dapat diartikan “Permintaan Data”. 

Kelebihan Oracle

Oracle dikenal sebagai database server untuk internet dan jaringan. Keistimewaan Oracle cukup banyak, yaitu :

a.       Client/Server Environtment

Oracle berjalan di jaringan komputer. Oracle memisahkan proses antara database server dan aplikasi client. Server yang terinstall Oracle bertanggung jawab menangani proses database, sementara workstation/client yang menjalankan aplikasi hanya berkonsentrasi menampilkan data. Struktur ini akan mengurangi kemacetan data.

b.      Ukuran database yang besar dan pengaturan space

Oracle mendukung ukuran database yang sangat besar hingga jumlahnya terabyte. Oracle juga mendukung pengaturan penggunaan space di harddisk sehingga ruang harddisk termanfaatkan dengan efisien.

c.       Multiuser

Oracle dapat melayani banyak user yang terkoneksi dalam waktu yang sama dan mengakses data yang sama. Dengan fasilitas ini Oracle mampu menghindari konflik data.

d.      Connectibility

Oracle dapat menggunakan berbagai sistem operasi dalam suatu jaringan untuk mengakses data.

e.       High Transaction Processing Performance

Oracle dapat mengatur sistem agar pemrosesan database berjalan cepat walaupun jumlah transaksi sangat banyak dalam suatu waktu.

f.        Availability

Oracle dapat menjalankan database 24 jam sehari tanpa istirahat. Pemisahan sistem komputer dan proses backup dapat dilakukan secara Online tanpa harus mematikan database.

g.       Standar industri yang terbuka

Oracle diterima oleh berbagai standar industri untuk mengakses data, sistem operasi, user interface dan protokol jaringan.

h.       Manajemen keamanan yang sangat baik

Untuk menghindari akses database dari pihak yang tidak diinginkan, Oracle memiliki fitur untuk membatasi dan memonitor akses data.

i.         Database Enforced Integrity

Oracle memiliki kontrol untuk mengendalikan data mana saja yang dapat diterima di database. Anda tidak perlu membuat kode dibanyak aplikasi, cukup di satu database Oracle.

j.        Portabilitas

Oracle dapat berjalan di berbagai sistem opersi baik Linux, Windows, Unix dan masih banyak lagi. Aplikasi yang menggunakan database Oracle dapat dengan mudah mengakses data Oracle yang berjalan di sistem operasi apa pun.

k.      Distributed System

Oracle dapat memisahkan databasenya dalam komputer-komputer yang secara fisik terpisah, namun secara logis terlihat seperti satu database. Semua user dalam jaringan dapat mengakses data tersebut seolah-olah mengakses satu database.

l.         Replicated Environtment

Oracle mampu menduplikasi database objek dalam lokasi server yang berbeda-beda. Hal ini sangat membantu jika salah satu server rusak dan server lain langsung menggantikan fungsinya

Kekurangan Oracle

a.        Merupakan software DMBS yang paling mahal, paling rumit, dan paling sulit untuk      
           dipelajari.

b.       Membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi untuk dapat menjalankan software                 DMBS Oracle supaya berjalan dengan stabil.

c.       Hanya diperuntukan bagi perusahaan berukuran besar, dan tidak cocok untuk                         perusahaan kecil maupun menengah.

d.       Data yang bertambah ukurannya akan mengalami kelambatan proses, jadi harus ada               database management.

e.       Harga yang sangat mahal untuk sebuah database dan penggunaan Oracle sangat                     memakan banyak biaya, mulai dari device sampai diperlukannya DBA yang handal.

f.        HP dan pertahanan (DEF) yang tergolong sedang







NetBeans

NetBeans mengacu pada kedua kerangka platform untuk aplikasi desktop Java, dan sebuah lingkungan pengembangan terpadu (IDE) untuk pengembangan dengan Java, JavaScript, PHP, Python, Ruby, Groovy, C, C + +, Scala, Clojure, dan lain-lain.

NetBeans IDE ditulis dalam Java dan berjalan di mana-mana di mana JVM yang diinstal, termasuk Windows, Mac OS, Linux, dan Solaris. Sebuah JDK diperlukan untuk pengembangan fungsionalitas Jawa, tetapi tidak diperlukan untuk pembangunan di bahasa pemrograman lain.

Platform NetBeans memungkinkan aplikasi untuk dikembangkan dari satu set komponen perangkat lunak moduler yang disebut modul. Aplikasi berbasis platform NetBeans (termasuk IDE NetBeans) dapat diperpanjang oleh pengembang pihak ketiga

Fitur-fitur pada netbeans

a.         Smart code completion : mengusulkan nama variable dari suatu tipe, melengkapi          keyword, dan mengusulkan tipe parameter dari method
 
b.         Menggunakan code generator : dengan menggunakan fitur ini kita dapat meng-            generate constructor, setter and getter method, dll.

c.         Error stripe : fitur yang menandai baris yang error dengan menghiglight merah.

d.         Bookmarking : fitur yang digunakan untuk menandai baris yang suatu saat hendak        kita modifikasi

e.         go to commands : fitur yang digunakan untuk jump ke deklarasi variable, source          code atau file yang ada pada project yang sama.

Database yang didukung Netbeans

a.         JDBC merupakan spesifikasi standar dari javasoft API yang memungkinkan                    program java untuk mengakses sistem database manajemen.

b.         JDBC API terdiri dari satu set interface dan kelas yang ditulis dengan bahasa                pemrogramman java.

c.         ojdbc (oracle java database conectivity) adalah driver yang menghubungkan                program java dan oracle

d.         mysql-connector-java adalah driver yang menghubungkan program java dan oracle

e.         JDBC-ODBC

f.          mySQL-server

Kelebihan Netbeans
  
  Salah satu yang menjadi kelebihan NetBeans GUI Builder adalah yang telah disebutkan diatas, yaitu GRATIS. Selain itu NetBeans GUI Builder sangat kompetebel dengan Swing karena memang langsung dikembangkan oleh Sun yang notabenenya sebagai pengembang Swing.

Kekurangan Netbeans

     NetBeans hanya mensupport 1 pengembangan Java GUI, yaitu Swing, yang padahal  ada Java GUI yang dikembangkan oleh eclipse yang bernama SWT dan JFace yang   sudah cukup populer.





Sumber :
1. http://programmkomputer.blogspot.com/2012/10/pengertian-database-oracle.html
2. http://biebah-site34.blogspot.com/2013/05/tentang-netbeans.html
3. http://khalishahazzahra.blogspot.com/p/oracle.html
4. http://naraminato.wordpress.com/online-training-php-oracle/pengertian-oracle/
5. http://www.isomwebs.net/2012/09/pengertian-netbeans/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar