jadilah diri sendiri untuk menjadi yang terbaik

Sabtu, 17 Agustus 2013

Kewirausahaan dan Business Plan

Pada era modern ini kebutuhan manusia semakin hari semakin bertambah dan kebutuhan itu harus terpenuhi demi kelangsungan hidup manusia, zaman pun kian canggih segalanya serba instan dan cepat. Manusia berlomba-lomba untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, banyak cara yang digunakan. Salah satunya adalah berwirausaha.

 













Kewirausahaan adalah kegiatan yang gampang-gampang susah, tidak semua orang bisa melakukan kegiatan ini, dalam pelaksanaannya dibutuhkan kemauan yang tinggi, skill yang mencukupi, disiplin tinggi dan perencanaan bisnis yang matang atau biasa disebut business plan.



Business plan adalah dokumen yang selalu disediakan oleh setiap pengusaha untuk merencanakan segala unsur-unsur yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mencapai target dengan pemikiran yang matang dan tidak takut menghadapi resiko yang ada.



Business plan sangat berperan dalam berdirinya suatu perusahaan, karena business plan merupakan kerangka pokok berdirinya suatu perusahaan, 
kerangka tersebut yaitu,
LOOK – PLAN – DO – CHECK

1.      LOOK
Sebelum merencanakan stategi, lihat terlebih dahulu kondisi pasar dan masyrakat agar tujuan yang akan dicapai tidak salah arah
2.      PLAN
Setelah mengetahui arah dan keinginan pasar baru kita merencanakan strategi yang akan digunakan dalam jangka waktu yang panjang
3.      DO
Strategi belum cukup bagi perusahaan untuk mencapai tujuannya, perlu ada tindakan nyata dari seluruh pegawai agar tujuan itu tercapai. Diperlukan kerjasama tim yang baik dan memiliki visi misi yang sama sehingga setiap pegawai memiliki keseragaman dalam melaksanakan strategi yang telah di rancang.
4.      CHECK
Setelah semua strategi dilaksanakan dengan baik, perlu ada pengawasaan khusus untuk mengetahui masalah yang timbul dan tindakan yang diambil untuk menjaga kestabilan perusahaan dalam mencapai tujuan.

Di dalam business plan kita harus bisa memanfaatkan sumber daya yang ada, seperti manusia, tempat, waktu, dan keuangan. 

Hal yang paling penting dalam berwirausaha adalah kita dapat memanage waktu , karena waktu merupakan sumber daya yang paling vital, waktu tidak dapat kita ulang, oleh sebab itu kita harus membuat timeline agar kegiatan serta rencana bisnis kita sesuai dengan apa yang kita inginkan.


business plan saja tidak akan mampu untuk mencapai tujuan perusahaan jika tidak diikuti dengan analisis SWOT.
Analisis SWOT bisa digunakan dalam menganalisis karakteristik usaha dan lingkungan yang mungkin akan berpengaruh dalam menjalankan usaha, selain itu bisa digunakan untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan usaha dan pesaing. 

Jadi Peran Business Plan disini sangatlah penting, peranan Business Plan dalam kewirausahaan berfungsi sebagai Peta. Karena segala sesuatu akan lebih mudah dan terarah jika ada peta, Berwirausaha haruslah memiliki tujuan yang tepat, oleh karena itu kita harus memiliki peta agar kita tahu mau dibawa kemana bisnis kita nanti, dan mau seperti apa bisnis yang akan kita lakukan nanti.




Terakhir, kita harus yakin dengan apa yang telah kita buat dan yang kita rencanakan, kita harus yakin dengan business plan kita. Ketika kita sudah yakin, kita tinggal berdoa kepada yang maha kuasa agar business plan yang kita buat, peta yang kita rangkai, serta tujuan yang kita tuju agar bisa tercapai. 

Karena kita hanya bisa berencana, semuanya allah lah yang menentukan.




semoga bisa bermanfaat :)
referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar